PROSES EKSTRAKSI ZAT WARNA ALAM dan PEMBUATAN LARUTAN FIKSASI

Yang perlu dilakukan sebelum proses ekstaksi  adalah : Potong kecil-kecil bagian tanaman yang hendak diekstrak dan sesuaikan dengan tempat pengekstraksiannya...Perbandingan bahan ekstrak dan air 1.10. Contoh : 1000 gram bahan ekstrak (daun, kulit kayu, buah dan sebagainya) : 10 liter air
Cara Kerja
1. Masukkan bahan yang hendak diekstrak ke dalam panci yang telah terisi air.
2. Rebus bahan hingga volume air menjadi setengahnya (5,5liter).
Jika menghendaki larutan zat warna jadi lebih kental volumesi saperebusan bias diperkecil misalnya menjadi sepertiganya.. Sebagai indikasi bahwa pigmen warna yang ada dalam tumbuhan telah keluar ditunjukkan dengan air setelah perebusan menjadi berwarna.. Jika larutan tetap bening berarti tanaman tersebut hamper dipastikan tidak mengandung pigmen warna.
3. Saring dengan kasa penyaring larutan hasil proses ekstraksi tersebut untuk memisahkan dengan sisa bahan yang diesktrak (residu). Larutan ekstrak hasil penyaringan ini disebut larutan zatwarna alam. Setelah dingin larutan siap digunakan
Pembuatan Larutan Fiksasi Textil yang telah dicelup dengan zat warna alam perlu dikuatkan warnanya agar tetap melekat pada textile tersebut (tidak luntur) . Proses yang perlu dilakukan agar warna tetap bertahan pada textile dan kain memiliki ketahanan luntur warna yang baik adalah proses Fiksasi (fixer), yaitu suatu proses penguncian warna setelah bahan dicelup dengan Zat Warna Alam. Jenis-jenis bahan fixer yang biasa digunakan ada 3 macam, yaitu: Tawas, Kapur serta Tunjung, dan untuk bisa mendapatkan larutan fixer tersebut perlu dilakukan langkah-langkah sebagai berikut:
1. Larutan fixer tunjung:Larutkan 50 gram tunjung dalam tiap liter air yang digunakan. Biarkan mengendap dan ambil larutan beningnya.
2. Larutan Fixer Tawas: Larutkan 50 gram tawas dalam tiap liter air yang digunakan.Biarkan mengendap dan ambil larutan beningnya.
3. Larutan fixer Kapur tohor : Larutkan 50 gram kapur tohor dalam tiap liter air yang digunakan. Biarkan mengendap dan ambil larutan beningnya.Nah... silahkan mencoba..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Photobucket