Melepaskan lilitan lilin dari Kain Mori (Ngebyok)

Ngebyok/nglorot adalah pekerjaan yang gampang-gampang susah. Bagaimana tidak kalau kadang kita merasakan betapa susahnya memisahkan malam/lilin dari media kain (mori) kendati sudah digodog sekilan menit, bahkan sekian jam tapi ternyata tak lepas-lepas lilinnya dari mori. Dalam kaitannya dengan hal tersebut, saya mempunyai pengalaman yang sederhana, tapi barangkali sangat berarti. Di antaranya adalah:

Untuk pengrajin batik yang kapasitas produksinya masih sangat sedikit, atau berkisar 20-30 potong/bulan. kain batik (Batikan) bisa dilorod dengan air 1 drum dengan ketinggian air + 60 Cm,, tapi untuk awalan, sebaiknya jangan dipenuhi terlebih dahulu. masukkan kira-kira setengahnya aja, atau lebih sedikit juga tidak masalah. Jika air sudah mendidih, tambahkan sedikit Soda Abu. lalu masukkan Batikan satu atau dua potong ke dalam drum berisi air mendidih, sambil diaduk dan diangkat-angkat, perhatikan, apakah lilin/malam sudah lepas dari kain (bersih), jika sudah kain batik tampak bersih dan indah maka bisa diambil dan dicuci. celupkan bebeapa kain Batikan berikutnya, begitu seterusnya.
 
Limbah Pekat/malam sisa hasill pelorotan/Ketika sampai pada kain Batikan yang kira-kira ke sepuluh kain, maka air drum tampak keruh dan sudah mulai susah lilin/malam lepas dari kain Batikan. Itu karena limbah malam sudah terlalu banyak bercampur dengan air. Dalam kondisi yang demikian, kita bisa tamabahkan air/penuhi drumnya, maka akan tampak gumpalan lilin dan mengambang dipermukaan, kemudian ambillah gumpalan-gumpalan lilin tersebut dengan saringan maka air kembali agak bersih dari sisa-sisa lilin.. kemudian tambahkan sedikit Soda Abu atau Kanji atau bisa juga dengan waterglass, jika air sudah mendidih kembali maka bisa kita lanjutkan proses pelorotan atau Ngebyok.Dan coba perhatikan atau bedakan rasanya jika kita melakukan proses Ngebyok/pelorotan ini dengan sekaligus memasukkan air penuh ke dalam drum untuk pelorotan sekian banyak kain Batikan sekaligus dengan memasukkan separuh drum dan baru kemudian ditambah setelah mendapatkan beberapa kain lorotan. Selamat Mencoba..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Photobucket